23 April, 2009

TERTAWA MEMBUAT HIDUP LEBIH SEHAT

Tertawa bias menjadi obat jika sesuai dengan takaran atau ukuran. Namun bisa pula menjadi racun atau bibit penyakit jika dilakukan secara berlebihan dan over dosis. Ada beberapa manfaat dari tertawa jika dilakukan secara proporsional atau sewajarnya, diantaranya; mengurangi stress, menurunkan tekanan darah tinggi, membawa keseimbangan dalam sistem kekebalan tubuh, serta mencegah datangnya penyakit.



Ada seorang peneliti bidang kardiologi di University of Maryland Medical Center, yaitu Michael Miller, mewawancarai beberapa orang yang pernah mengalami serangan jantung atau sedang menjalani perawatan penyumbatan arteri. Dan hasilnya pada umumnya mereka yang diwawancarai itu sangat jarang tertawa dan selama hidupnya selalu diisi dengan kesibukan-kesibukan yang menyita banyak tenaga.

Disaat kita melihat film-film humor atau lucu yang sering membuat kita tertawa, seperti Mr. Bean ternyata mampu menimbulkan efek yang luar biasa bagi KARDIO, secara keseluruhan pembuluh darah akan membesar dua puluh dua kali8 lebih cepat dari kondisi normal setelah kita tertawa.

Lain halnya apabila kita melihat film-film yang menegangkan, pembesaran pembuluh darah setelah diikat menjadi lebih lambat tiga puluh lima persen dibanding kondisi normal.

Tertawa ternyata bisa meningkatkan kinerja pembuluh darah, karena ”endorfin” bisa terlepas, hormon yang juga menimbulkan rasa nyaman setelah kita berolah raga. Endorfin bisa membantu memperbaiki aliran darah

Kemungkinan lainnya, tertawa membuat tubuh kita melepaskan nitrit oksida, gas yang bisa membuat rileks dinding-dinding pembuluh darah atau endotelium.

Tidak ada komentar: