25 April, 2009

Bungan Rosela Atasi Penyakit Jantung, Kolesterol Dan Nyeri Di Lutut

Manfaat sari tanaman rosela telah lama dikenal di negara meksiko, india, dan sebagian afrika, seluruh bagian tanaman rosela difungsikan sebagai bahan obat tradisional. Daun dan kelopak bunga yang direbus untuk peluruh kencing dan batu empedu. Seduhannya dipercaya dapat menurunkan kekentalan darah.



Seorang ahli farmakologi Senegal merekomendasikan ekstrak rosella untuk menurunkan tekanan darah. Di indonesia, kegemaran mengonsumsi sari bunga rosela mulai tumbuh dengan tujuan untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh.

Berkaitan dengan itu, penelitian ilmuwan dari Chung San Medical University di Taiwan, bernama Chau-jong Wang menemukan satu metode baru yaitu sari bunga rosella dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Ia mengatakan, flora ini dapat mengurangi jumlah flak yang menempel di dinding pembuluh darah juga memiliki potensi mengurangi kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Selain itu, kandungan bunga merah ini bermanfaat untuk menstabilkan kadar asam urat yang sering membikin lutut terasa nyeri.

Apa penyebab nyeri lutut itu ...?
Terganggunya fungsi sendi. Menurut Dr. Iskandar junaidi dalam bukunya yang berjudul ” Rematik dan Asam Urat ”, hingga saat ini tidak ada obat penyembuh rematik dan asam urat. Obat hanya mengatasi gejalanya. Yang perlu dilakukan adalah menekan gejalanya. Untuk itu salah satunya dibutuhkan terapi herbal. Salah satunya meminum sari tanaman yang kaya akan senyawa bioaktif, asam amino, vitamin, dan mineral.

Dalam beberapa literatur dikatakan, senyawa bioaktif sejumlah tanaman berpotensi melindungi sel dari kerusakan oksidatif hingga struktur membran sel tetap utuh dan berfungsi dengan baik. Sistem pertahan yang baik membuat tubuh tahan dari serangan penyakit.

Apa saja Senyawa bioaktif itu ...?
Dalam sari bunga rosela terdapat beberapa, 100 gram (g)bunga segar mengandung :
1,6 g protein,
11,1 g karbohidrat,
2,5 g serat
160 mg kalsium
60 mg fosfor
3,8 mg zat besi
14 mg vitamin C
0.04 mg tiamin (vitamin B1)
0.6 mg ribloflavin ((vitamin B2)
0,5 mg niasin (vitamin B3)
285 ig betakaroten (provitamin A)
Vitamin D
Flavonoid
Asam animo
Polisakarida
Dan omega

Tidak ada komentar: